Manfaat Buah Mengkudu Dan Kandungannya Yang Wajib Anda Ketahui Sekarang Juga

Gudangpustakailmuu.com - Buah mengkudu merupakan tanaman buah yang tumbuh didataran rendah hingga pada ketinggian mencapai 1500 m. Tinggi pohon mengkudu ini umumnya mencapai 3–8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki ciri-ciri totol-totol, serta ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Beberapa Kandungan Yang Ada Pada Buah Mengkudu

Ada beberapa kandungan yang ada didalam buah mengkudu ini, diantaranya yaitu:

1. Anti Bakteri

Menurut penelitian, bahwa didalam buah mengkudu ini mengandung senyawa anti bakteri yang mampu membantu tubuh untuk mengontrol keberadaan dan aktivitas dua jenis bakteri pathogen yang mematikan, yakni shigella dan salmonella.
Hal ini berarti, buah mengkudu ini sangat baik jika digunakan untuk merawat infeksi pada kulit, demam, pilek serta berbagai masalah kesehatan utamanya yang disebabkan oleh bakteri.

2.Zat Asam Askorbat

Asam askorbat merupakan sumber dari vitamin C yang berarti adalah sumber dari senyawa antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Kemudian, terdapat pula asam kaprik, kaproat dan kaprilat yang semuanya termasuk ke dalam golongan asam lemak.

3. Senyawa Terpenoid

Senyawa tepenoid ini sangat bagus untuk tubuh dalam membantu proses sintesa organic serta memulihkan kondisi sel.
Senyawa tepenoid ini adalah senyawa hidrokarbon isometric yang juga dapat kita temukan pada lemak esensial.  

4. Bermacam Zat Scopoletin

Zat scopoletin ialah zat yang mampu mengikat serotonin yang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Scopoletin ini juga berkhasiat untuk membuka kembali pembuluh darah yang mengalami penyempitan pada manusia.
Di samping itu, senyawa ini juga diketahui mampu membunuh beberapa jenis bakteri penyakit yang merugikan kesehatan serta memiliki sifat anti inflamasi atau peradangan.

5. Zat Damnacanthal

Zat damnacanthal adalah zat yang mampu mencegah kanker, bahkan menurut penelitian buah memiliki efektifitas yang lebih baik dalam melawan keberadaan sel-sel kanker dalam tubuh.

6. Xeronin Dan Proxeronin

Xeronin merupakan salah satu alkaloid yang berfungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim didalam tubuh manusia serta dapat mengatur protein yang terdapat dalam sel. Xeronin ini terbilang sangat sedikit yang terkandung dalam buah mengkudu ini, namun di lain sisi buah ini justru memiliki bahan-bahan pembentuknya atau yang disebut proxeronin dalam jumlah besar.
Proxeronine ini merupakan sejenis asam koloid yang sama sekali tidak mengandung unsur gula, asam nukleat atau asam amino.
Mengkonsumsi proxeronine dalam jumlah besar maka akan meningkatkan jumlah xeronine di dalam tubuh kita.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

Meskipun didalam buah mengkudu ini banyak mengandung manfaat yang banyak, namun perlu diperhatikan bahwa buah ini kadang kala nya mengandung efek samping, terutama untuk buah yang sudah diolah menjdai ekstrak dan dicampur dengan obat-obatan yang lain.
Untuk itu, untuk menghindari terjadinya efek samping, maka bagi anda yang sedang hamil atau menyusui, memiliki kadar kalium yang tinggi, memiliki penyakit ginjal dan memiliki gangguan pada organ hati, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah ini. Atau konsultasikan dulu kedokter.
Demikianlah pembahasan mengenai manfaat buah mengkudu dan beberapa kandungannya. Semoga bermanfaat ....
Artikel Lainnya:

Comments