Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan - Buah pepaya merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh banyak orang, selain rasanya yang manis menyegarkan, buah ini ternyata banyak sekali mengandung manfaat bagi kesehatan,salah satunya untuk melancarkan buang air besar (BAB).
Namun, selain dari buahnya, biji pepaya ini juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Hal ini sayangnya masih banyak dari orang-orang yang belum tahu. 
Banyak orang yang berfikir apakah aman mengkonsumsi bijinya?
Pada kesempatan kali ini,penulis akan menyajikan beberapa kandungan manfaat yang ada pada biji buah pepaya. Untuk itu mari kita simak bersama ...


Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

1. Melindungi Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang bertugas untuk menyaring cairan yang masih dan yang tidak diperlukan lagi dari dalam tubuh. Salah satu khasiat yang dihasilkan dari biji buah pepaya yaitu mampu melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal tersebut.
Hal ini telah dibuktikan dari sebuah penelitian yang diujicobakan pada seekor tikus. Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam African Health Sciences ini, tikus yang diberikan ekstrak biji pepaya memiliki ginjal yang terhindar dari kerusakan akibat paracetamol.
Hasil penelitian ini juga turut didukung oleh penelitian lain yang diungkapkan dalam Journal Molecules, yang menyebutkan bahwa kandungan tinggi antioksidan dalam biji buah pepaya ini bisa menghambat kerusakan sel-sel ginjal sehingga menjaga kesehatan ginjal tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Hampir sama dengan dagingnya, biji pepaya ternyata juga kaya serat yang baik. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa asupan serat berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di sisi lain, kita akan lebih mudah buang air besar dan terhindar dari sembelit (susah buang air besar).
Makanan kaya serat juga dapat diyakini dapat menghindari penyakit radang usus, mencegah luka usus, hingga menurunkan gejala wasir.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat makan biji pepaya juga dapat mengurangi risiko tumbuhnya sel-sel kanker. Sebab biji pepaya mempunyai sifat antikanker berkat segudang nutrisi dan antioksidan yang terkandung  didalamnya. Hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer.

4. Melawan Infeksi

Terakhir tapi yang tidak kalah penting, biji pepaya juga diyakini dapat menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh jamur dan parasit tertentu. Caranya minum ekstrak biji pepaya kering bersama dengan madu ternyata juga efektif untuk membunuh parasit yang bersarang di usus sehingga melancarkan kerja usus.
Luarbiasa bukan manfaatnya, yang rata-rata kita belum mengetahuinya.

 Cara Mengkonsumsi

Setelah mengetahui manfaatnya, lalu bagaimana dengan cara mengkonsumsinya. Berikut penulis berikan ulasan cara mengkonsumsinya dibawah:

1. Memakan Biji Pepaya Mentah-Mentah

Pertama kita dapat memakannya mentah - mentah bila tahan dengan rasanya yang pahit dan sedikit pedas. 
Sebab hal yang penting adalah mengunyah biji pepaya tersebut karena menelannya begitu saja takkan berdampak signifikan. Hal ini dikarenakan kulit biji pepaya ysng cukup keras sehingga perlu dikunyah dengan benar. Kita bisa mengunyahnya bersama dengan madu untuk menyamarkan rasa pedas dan pahitnya.

2. Diolah Menjadi Makanan Atau Minuman

Trdapat alternatif lain yaitu dengan cara menumbuknya sebagai taburan salad atau bahan smoothies bersama dengan susu atau madu. Kita juga bisa menaburkan biji pepaya tersebut di atas sup, steak, atau makanan lain.
Caranya: keringkan biji pepaya di bawah sinar terik matahari, lalu goreng tanpa minyak. Setelah ditumbuk halus, maka biji pepaya siap ditaburkan sebagai pengganti merica bubuk.

Hal - Hal Yang Perlu Dihindari Dari Mengkonsumsi Biji Pepaya Ini

Adakalanya kita tidak boleh mengkonsumsi biji pepaya ini terlalu banyak, sebab pada dasarnya apa pun yang berlebihan itu tidak baik, termasuk makan biji pepaya ini. Walaupun dinilai mengandung berbagai nutrisi dan kaya manfaat, tapi biji pepaya ini memiliki senyawa Benzyl Isothiocyanate. Senyawa ini memang lebih sering ditemukan pada tanaman hasil persilangan, yang ternyata baik untuk mencegah penyakit kanker.
Namun, apabila dimakan tanpa batas ditakutkan malah bisa menjadi bumerang bagi kesehatan kita, yakni dapat merusak struktur DNA dan mengganggu kerja sel sehat dalam tubuh, hingga menurunkan kualitas sperma, yang sudah terbukti pada sel-sel tubuh hewan.
Pada dasarnya masih diperlukan penelitian lanjutan guna mengetahui dampak buruknya bagi kesehatan manusia. Namun kita masih tetap diizinkan makan biji pepaya, tapi tidak ada salahnya untuk membatasi jumlah konsumsinya tersebut.
Demikian penjelasan mengenai manfaat biji pepaya. Semoga Bermanfaat ...
Baca Juga:

Comments