Sejarah Motor Honda

Sejarah Motor Honda - Hallo semua, mendengar kata honda pasti kita sudah tidak asing lagi, sebab mesin dengan merk ini sudah sangat familiar sekali di mata masyarakat.
Sekarang banyak yang memiliki motor ataupun mobil yang bermesin merk Honda.
Namun pernahkan sahabat bertanya-tanya, siapa sebenarnya pencipta mesin honda ini? bagaimana jalan cerita sejarahnya? Jika ya, maka sudah tepat sekali apabila sahabat mengunjungi web ini, sebab disini penulis akan menyajikan materi tentang Sejarah Motor Honda Dari Masa Kemasa.
Langsung saja kita simak!

Sejarah Motor Honda

Sekitar pada tanggal 24 September 1948, Soichiro Honda mendirikan sebuah pabrik motor pertamanya yang diberi nama Honda Motor Company. Dalam mendirikan pabrik motornya, Soichiro Honda terinspirasi dari Dewi Nike (Nenikhamen) yang mempunyai sayap besar di punggungnya.
Menurut keprcayaan orang Yunani Kuno, Dewi Nike adalah Dewi Kemenangan & Keberhasilan (Victory) dalam mitologinya.
Dewi Nike    
Dari sini lah yang menginspirasi Soichiro Honda yang bermimpi ingin produknya sukses dipasaran.

Logo Honda

Sochiro Honda menciptakan logo produk honda untuk motornya berupa sayap yang mengepa, perhatikan gambar dibawah:
Logo Honda Dari Masa Ke Masa

Logo ini terinspirasi dari sayap yang mengepa yang dimiliki oleh Dewi Nike yang memiliki arti Kemenangan atau kesuksesan.

Sejak usia muda, Soichiro Honda ini memiliki minat yang besar dalam kendaraan bermotor. Ketika dia bekerja sebagai mekanik di Art Shokai, di mana dia menyetel sebuah mobil dan dimasukkan kedalam balapan. Dia lalu kemudian membuat desain piston dan menjualnya ke Toyota.
Rancangan pertamanya sempat ditolak, namun Soichiro tetap bekerja keras untuk menyempurnakan desainnya, bahkan dia kembali sekolah dan menggadaikan perhiasan istrinya untuk sebagai jaminan.
 Dari hasil kerja kerasnya, akhirnya Sochiro menciptakan motor honda pertamannya yang ia beri nama Honda A-Type pada tahun 1947.
Honda A-Type
Honda A-Type ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 0.5 HP (Horse Power) atau 0,5 tenaga Kuda.
Sebelum sukses memproduksi sepeda motor, pabrik Honda adalah pabrik yang memproduksi Rings Piston. Apa rings piston? Ring piston adalah alat yang berbentuk bulat melingkar berupa cincin dimana fungsinya untuk membantu piston melaksanakan proses kerja motor, yaitu sebagai penyumbat untuk mencegah agar tidak terjadi kebocoran di antara samping piston dengan dinding silinder.
Akibat terjadi gempa pada waktu itu, pabrik honda yang memproduksi rings piston tersebut hancur, sehingga Sochiro Honda harus membangun pabriknya lagi dari awal dengan modal yang sangat minim. Sangking minimnya modal yang dimiliki, alat transportasi yang ia gunakan hanyalah sepeda biasa.
Namun, berawal dari sini lah, inspirasi cemerlangnya mulai muncul, Sochiro Honda berfikir bagaimana kalau sepeda ini di beri mesin, sehingga terciptalah motor pertamanya yaitu merk Honda A-Type.
 Dan ternyata banyak yang berminat dengan motor ciptaan pertamanya Honda tersebut. Akhirnya Sochiro Honda memutuskan untuk membangun kembali pabriknya setelah mengalami trauma hancurnya pabrik akibat gempa dengan menggandeng sahabatnya yang bernama Takeo Fujisawa, sehingga berdirilah pabrik motor pertamanya yang diberi nama Honda Motor Company.

 Demikianlah pembahasan mengenai sejarah motor honda. Semoga dapat memberikan manfaat ...

Comments